Loading...
world-news

MOTIVASI

Jurusan Kuliah Bidang IT Incaran BUMN

BUMN adalah salah satu prospek kerja idaman anak muda dan fresh graduate. Selain karena gajinya fantastis, BUMN juga menjamin berbagai tunjangan dan kontrak kerja yang lumayan lama. Maka dari itu, banyak fresh graduate yang ingin masuk BUMN dan ada beberapa jurusan kuliah khususnya di bidang IT yang paling diincar oleh perusahaan BUMN. Berikut rekomendasi jurusan kuliah incaran BUMN yang bisa menjadi referensi untuk mendaftar kuliah di bidang IT:

1. Ilmu Komputer

Jurusan ilmu komputer ini mendalami penggunaan prinsip-prinsip matematika dan logika dalam konteks komputasi. Perusahaan BUMN yang mencari lulusan dari jurusan ini, seperti BRI, BNI dan Bank Mandiri.

 

2. Teknik Informatika

Lulusan jurusan teknik informatika memiliki pemahaman yang luas terkait pengembangan software, sistem informasi, manajemen jaringan komputer sehingga alumninya mempunyai peluang besar untuk berkarir sebagai analis sistem, insinyur perangkat lunak, dan insinyur jaringan.

 

3. Teknik Telekomunikasi

Jurusan teknik telekomunikasi ini menitikberatkan pada pengembangan, pelaksanaan serta pengelolaan sistem komunikasi nirkabel dan memanfaatkan gelombang elektromagnetik. Perusahaan BUMN yang banyak mencari lulusan jurusan ini, seperti Telkom Indonesia.

 

4. Teknik Elektro

Di jurusan ini mahasiswa akan belajar penerapan prinsip-prinsip fisika dan matematika dalam konteks elektromagnetisme, magnetisme dan listrik sehingga lulusan jurusan ini mempunyai keterampilan dalam elektronika dan domain rangkaian listrik.

 

5. Sistem Informasi

Di jurusan ini, mahasiswa mempelajari cara menggabungkan teknologi informasi dengan aspek bisnis dan manajemen. Perusahaan BUMN yang memerlukan karyawan dari lulusan ini seperti PT Kimia Farma, PT Pos Indonesia hingga PT Jasa Marga.

 

6. Data Science

Lulusan jurusan Data Science mempunyai pemahaman tentang pengelolaan dan analisis data. Dengan pemahaman yang dimiliki, lulusan jurusan ini berpeluang untuk berkarir sebagai ilmuwan data, analis data atau analis bisnis intelijen di perusahaan BUMN.

Baca Juga